Jumat, 28 Maret 2014

TERAPI MODALITAS LANSIA (TERAPI KOGNITIF)


BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A. Terapi Kognitif-Perilaku
a. Gambaran Terapi Kognitif-Perilaku
Terapi Kognitif-Perilaku merupakan intervensi psikologis yang mengkombinasikan terapi kognitif serta terapi perilaku untuk menangani masalah psikologis. Terapi Kognitif-Perilaku mengajarkan individu untuk mengenali pengaruh pola pikir tertentu dalam memunculkan penilaian yang salah mengenai pengalaman-pengalaman yang ia temui, hingga memunculkan masalah pada perasaan dan tingkah laku yang tidak adaptif (Rosenvald, Oei & Schmidt, 2007; Westbrook, Kennerley & Kirk, 2007). Prinsip dasar dari Terapi Kognitif-Perilaku
antara lain (Westbrook, Kennerley & Kirk, 2007):
1) Prinsip kognitif: masalah psikologis merupakan hasil interpretasi dari sebuah kejadian, bukan kejadian itu sendiri.
2) Prinsip perilaku: perilaku individu dapat sangat mempengaruhi pikiran dan emosinya.
3) Prinsip kontinum: gangguan bukanlah suatu proses mental yang berbeda dengan proses mental normal, melainkan proses mental normal yang berlebihan hingga menjadi masalah.
4) Prinsip here-and-now: lebih baik berfokus pada proses masa kini daripada masa lalu.
5) Prinsip sistem yang saling berinteraksi: melihat masalah sebagai interaksi dari pikiran, emosi, perilaku, fisiologi, dan lingkungan yang dimiliki individu.
6) Prinsip empiris: penting untuk mengevaluasi teori dan terapi secara empiris.
b. Komponen-komponen dalam Terapi Kognitif-Perilaku untuk Depresi
Terapi Kognitif-Perilaku untuk depresi memiliki berbagai komponen berupa teknik-teknik di dalamnya yang mengkombinasikan pendekatan kognitif dan perilaku. Dalam penelitian ini, yang akan digunakan adalah psikoedukasi, monitor perasaan, merancang kegiatan harian, relaksasi, latihan memecahkan masalah, mengenali pikiran negatif dan melakukan restrukturisasi kognitif atau pikiran. Berikut adalah pembagiannya berdasarkan jenis teknik perilaku dan kognitif (Laidlaw, Thompson, Gallagher-Thompson & Dick-Siskin, 2003):

B. Teknik Perilaku dan Kognitif dalam Terapi Kognitif-Perilaku untuk Depresi
Mengenali pikiran negatif Restrukturisasi kognitif atau pikiran
Berikut ini penjabaran untuk masing-masing teknik yang digunakan:
1) Psikoedukasi
Psikoedukasi merupakan program terapi yang berfokus pada penyampaian informasi sebagai bagian dari pendekatan kognitif-perilaku. Informasi yang diberikan akan tergantung pada jenis masalah yang ingin ditangani oleh terapis. Dalam menangani depresi, maka psikoedukasi yang diberikan adalah seputar depresi. Melalui pemberian psikoedukasi, individu yang menjadi klien didorong untuk memahami masalahnya dengan baik (Bäuml, Froböse, Kraemer, Rentrop & Pitschel-Walz, 2006). Dalam psikoedukasi juga penting untuk menyampakan esensi Terapi Kognitif- Perilaku itu sendiri agar klien memahami prinsip-prinsip terapi yang akan ia jalani (Laidlaw, Thompson, Gallagher-Thompson & Dick-Siskin, 2003). Selain itu, psikoedukasi juga berfungsi mengembangkan pemahaman mengenai pentingnya terapi yang dilakukan kepada klien, sehingga dapat meningkatkan kepatuhan klien dalam menjalankan terapi yang diberikan (Gebretsadik, Jayaprabhu & Grossberg, 2006).
2) Monitor Perasaan
Monitor perasaan dilakukan untuk membantu klien mengenali hubungan antara kegiatan yang ia lakukan dengan perasaan yang muncul ketika melakukannya. Dengan cara ini, klien akan dapat mengetahui kegiatankegiatan yang bisa membuat perasaannya menjadi positif dan negatif atau depresif. Kegiatan yang meningkatkan perasaan positif dapat dipertahankan, sementara yang menghasilkan perasaan negatif dan depresif dapat dihindarkan (Laidlaw, Thompson, Gallagher-Thompson & Dick-Siskin, 2003).
3) Pembuatan Rencana Kegiatan Harian
Pembuatan rencana kegiatan harian merupakan salah satu teknik Terapi Kognitif-Perilaku yang didasarkan pada ide pentingnya memperbaiki lingkaran masalah dari kegiatan yang dilakukan individu sehari-hari. Pembuatan rencana kegiatan harian ini dapat berfungsi sebagai sarana merancang kegiatan yang lebih sehat secara psikologis, dalam arti meminimalkan kemungkinan munculnya perasaan yang depresif. Kegiatan yang dimasukkan dalam rancangan kegiatan adalah kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan perasaan positif dalam kehidupan klien seharihari (Westbrook, Kennerley &Kirk, 2007).
4) Relaksasi
Ketegangan fisik merupakan salah satu faktor yang dapat berkontribusi membuat masalah psikologis tetap bertahan dalam diri individu, termasuk depresi. Ketegangan fisik ini misalnya bisa ditandai dengan peningkatan detak jantung, pusing pada kepala, dan lain-lain. Gejala-gejala ketegangan fisik ini dapat diredakan dengan menggunakan teknik relaksasi (Westbrook, Kennerley & Kirk, 2007).
Ada beberapa pendekatan relaksasi yang berkembang untuk diberikan pada kasus-kasus depresi, misalnya relaksasi progresif dan relaksasi pernapasan perut dengan penjelasan sebagai berikut (Laidlaw, Thompson, Gallagher-Thompson & Dick-Siskin, 2003):
a. Relaksasi progresif
Relaksasi progresif merupakan teknik relaksasi yang memanfaatkan kumpulan otot tubuh untuk ditegangkan dan dilemaskan. Perbedaan antara otot yang tegang dan lemas menjadi
esensi dari relaksasi yang dilakukan.
b. Relaksasi pernapasan perut
Relaksasi pernapasan perut dapat membantu klien menyadari perubahan dalam pernapasan ketika merasakan ketegangan tertentu. Oleh karena itu, mengatur pernapasan saat sedang mengalami gejala psikologis tertentu penting untuk dilakukan agar klien dapat menenangkan dirinya dengan sesegera mungkin. Pemilihan pendekatan relaksasi yang digunakan dalam terapi didasarkan pada kecocokan dengan klien. Hal yang penting untuk diperhatikan dalam pendekatan relaksasi apapun adalah (Westbrook, Kennerley & Kirk, 2007):
a. Menjelaskan kepada klien bahwa belajar menjadi rileks sama seperti belajar keahlian baru, sehingga membutuhkan latihan
b. Belajar relaksasi sebaiknya dimulai saat klien sedang merasa tenang atau tidak terlalu tegang
c. Lebih baik mulai mengajari klien relaksasi dengan kondisi yang dekat dengan kondisi sehari-hari, misalnya dengan duduk di kursi daripada berbaring.
d. Belajar relaksasi sambil menutup mata akan lebih mudah karena dapat mengurangi kemungkinan klien mengalami distraksi
e. Memonitor munculnya tanda-tanda masalah psikologis penting untuk dilakukan agar relaksasi dapat digunakan melawan tandatanda tersebut sebelum berkembang terlalu kuat
f. Pilih tempat yang tenang untuk melakukan relaksasi
g. Relaksasi sebaiknya tidak dilakukan saat lapar karena dapat menyebabkan munculnya ketegangan, juga tidak segera setelah makan karena dapat mendatangkan kantuk.
5) Latihan Memecahkan Masalah
Dalam teknik pemecahan masalah, klien yang mengalami depresi dibantu untuk belajar mengatasi masalah yang dapat menjadi penyebab depresinya secara lebih objektif dan produktif (Rosenvald, Oei & Schmidt, 2007). Secara umum, langkah-langkah dasar yang perlu dilakukan dalam latihan pemecahan masalah antara lain (Laidlaw, Thompson, Gallagher-Thompson & Dick-Siskin, 2003; Spiegler & Guevremont, 2010; Westbrook, Kennerley & Kirk, 2007):
a. Mengadaptasi pendekatan latihan pemecahan masalah, yaitu
memahami bahwa mengidentifikasi masalah perlu dilakukandengan baik agar solusi yang tepat dapat ditemukan, masalahmerupakan bagian dari kehidupan dan individu bisa belajar darimasalah yang ia alami, serta pentingnya memikirkan alternatifsolusi untuk menghasilkan pemecahan masalah yang efektif.
b. Mengidentifikasi masalah, yaitu menentukan masalah secara jelas dan spesifik, sehingga individu dapat mencari solusi yang sifatnyaspesifik pula.
c. Menyusun tujuan, yaitu tujuan yang spesifik untuk mengubah situasi yang bermasalah itu sendiri, serta untu mengibah reaksi individu terhadap masalah yang dialaminya.
d. Membuat berbagai solusi, yaitu memikirkan sebanyak mungkin alternatif solusi yang mungkin dilakukan guna memperbesar kemungkinan keberhasilan usaha pemecahan masalah.
e. Memilih solusi yang paling baik, yaitu menentukan solusi terbaik dari seluruh alternatif solusi yang ada. Kemudian, memikirkan sisi positif dan negatif dari solusi yang dipilih, serta rintangan yang mungkin muncul saat mencoba mengimplementasikannya.
f. Mengimplementasikan solusi yang dianggap paling baik, yaitu mencoba mempraktekkan solusi yang sudah dipilih. Hal ini perlu didukung dengan kemampuan, kesempatan, dan motivasi individuuntuk mempraktekkannya.
g. Mengevaluasi efek dari solusi yang diambil, yaitu menilai kesuksesan dari implementasi solusi yang sudah dilakukan. Jika masalah belum terpecahkan, individu perlu melakukan upaya lain, misalnya mencoba solusi lain. Jika masalah berhasil dipecahkan, maka proses pemecahan masalah sudah selesai dilakukan.
6) Mengenali Pikiran-pikiran Negatif
Pikiran-pikiran negatif muncul secara otomatis dan dapat mempengaruhi perasaan serta perilaku klien yang mengalaminya. Pikiran-pikiran negatif yang biasanya dimiliki oleh klien depresi antara lain (Laidlaw, Thompson, Gallagher-Thompson & Dick-Siskin, 2003):
a. Arbitrary inference (Berprasangka buruk)
Membuat kesimpulan yang spesifik berdasarkan ketiadaan bukti. Contoh: Saat tidak disapa oleh seorang teman di jalan, klien berpikir bahwa temannya sengaja tidak menyapanya.
b. Selective abstraction (Pikiran selektif)
Memfokuskan diri pada detail di luar konteks dan mengabaikan informasi yang lebih positif. Contoh: Klien memberi apresiasi hanya pada pekerjaan yang sangat positif menurut dirinya. Ia mengabaikan pujian kecil yang ia terima, dan hanya fokus kepada kritik.
c. Dichotomous reasoning (Berpikir hitam-putih)
Kecenderungan untuk mengkategorikan seluruh pengalaman ke dalam satu atau dua kategori saja. Contoh: Klien berpikir dirinya benar-benar gagal ketika tidak mendapat hasil yang memuaskan bagi dirinya.
d. Overgeneralization (Overgeneralisasi)
Membuat kesimpulan berdasarkan tidak munculnya bukti tertentu.
Contoh: Klien menganggap seluruh temannya tidak menyukainya karena salah seorang temannya mengatakan tidak suka kepadanya.
e. Catastrophizing (Katastropisasi)
Kecenderungan untuk berpikir mengenai kemungkinan terburukyang dapat muncul dari situasi tertentu. 
Contoh: Klien mengatakan dirinya terkena serangan jantung dan akan meninggal karena merasakan debaran agak keras pada jantungnya.
f. Negative imperatives (Keharusan)
Ide yang tegas mengenai keharusan akan segala sesuatu yangditemui dalam kehidupan. Contoh: Klien memecahkan barang dirumah dan menyalahkan dirinya bahwa ia seharusnya berhati-hati, seharunya tidak beraktivitas di dekat barang tersebut, dan lain-lain.
7) Restrukturisasi Kognitif atau Pikiran
Dalam restrukturisasi kognitif atau pikiran, individu diajak memikirkan kembali pikiran-pikiran negatif yang ada dalam dirinya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berupa Socratic questioning yang ditanyakan oleh terapis. Setelah itu, individu diajarkan untuk berlatih mencari bukti-bukti yang dapat digunakan untuk melawan pikiran negatif tersebut, serta mencari alternatif pemikiran lain yang lebih sesuai (Westbrook, Kennerley& Kirk, 2007). Restrukturisasi kognitif atau pikiran biasanya dilakukan dengan strategi A-B-C-D-E, yaitu (Beck, 1995 dalam Oei, 2011; Laidlaw, Thompson, Gallagher-Thompson & Dick-Siskin, 2003):
a. A (Antecedent) merupakan peristiwa aktual yang mendasari munculnya perasaan dan atau pikiran tertentu.
b. B (Beliefs) merupakan keyakinan yang muncul sebagai hasil dari pikiran, biasanya berupa pikiran negatif.
c. C (Consequences) merupakan konsekuensi berupa perasaan yang muncul dari suatu pikiran tertentu.
d. D (Dispute) merupakan usaha menantang pikiran yang sudah muncul sebelumnya dengan menggunakan pikiran alternatif tertentu.
e. E (Evaluation) merupakan evaluasi yang dilakukan terhadap perasaan setelah menantang pikiran negatif.
C. Penerapan Terapi Kognitif-Perilaku pada Lansia yang Mengalami Depresi
Penggunaan Terapi Kognitif-Perilaku bagi lansia yang mengalami depresi membutuhkan penyesuaian-penyesuaian, terutama dalam kecepatan memberikan terapi. Terapi Kognitif-Perilaku untuk lansia yang mengalami depresi biasanya diberikan dalam tiga fase besar, yaitu (Laidlaw, Thompson, Gallagher-Thompson & Dick-Siskin, 2003):
1) Fase awal
Pada fase ini, terdapat lima komponen yang perlu dipenuhi, yaitu
(1) membangkitkan harapan lansia terhadap terapi yang akan ia dapatkan,
(2) menjelaskan karakteristik Terapi Kognitif-Perilaku yang bersifat kolaboratif, sehingga membutuhkan partisipasi aktif lansia sebagai klien,
(3) mengklarifikasi bahwa Terapi Kognitif-Perilaku memiliki batasan waktu dan sesi-sesi yang sudah tersusun dengan jelas,
 (4) menekankan fokus Terapi Kognitif-Perilaku untuk membahas masalah yang sifatnya“here-and-now”, serta
 (5) membangun tujuan-tujuan yang akan dicapai selama sesi-sesi selanjutnya. Seluruh komponen ini dikaitkan dengan masalah depresi yang dialami oleh lansia. Fase ini akan diisi dengan perkenalan dan pengantar mengenai proses terapi, sekaligus penjelasan mengenai Terapi Kognitif-Perilaku itu sendiri yang dikaitkan dengan depresi.
2) Fase pertengahan
Pada fase ini, isi dari Terapi Kognitif-Perilaku mulai diberikan dan lansia diperkenalkan dengan alat-alat bantu dalam terapi, misalnya alat untuk mencatat kegiatan sehari-hari, lembar kerja saat sesi, dan lain-lain. Pada fase ini juga, terapis dapat memberi pekerjaan rumah kepada lansia yang terkait dengan tujuan sesi. Di fase ini, lansia diajak untuk menjalankan peran aktifnya dalam mengatasi depresi dalam kesehariannya. Fase ini akan berisi pemberian terapi berupa teknik monitor perasaan, rencana kegiatan harian, relaksasi, teknik memecahkan masalah, mengenali pikiran negatif, hingga restrukturisasi kognitif atau pikiran, termasuk pemberian tugas yang perlu dikerjakan secara mandiri oleh lansia yang menjadi partisipan.
3) Fase akhir
Pada fase akhir, lansia dipersiapkan untuk mengakhiri terapi bersama terapis dan membuat rencana untuk mencegah terjadinya kekambuhan masalah depresi dalam dirinya (relapse prevention). Lansia perlu diajak untuk membahas materi-materi yang pernah diberikan dalam terapi dan membuka catatan untuk dapat mengingatnya dengan mudah. Cara ini bisa membuat lansia merasa dihargai dan percaya diri bahwa ia masih bisa belajar dari terapi yang diberikan walaupun usianya sudah tua. Fase ini berisi upaya membahas dan mengerjakan ulang seluruh teknik yang sudah diberikan dalam proses terapi menjelang terminasi, agar lansia yang menjadi partisipan semakin memahami teknik-teknik yang sudah diberikan dan terdorong untuk mencegah kekambuhan depresi dalam dirinya. Walaupun memerlukan penyesuaian dalam penerapannya, Terapi Kognitif-Perilaku terbukti efektif menangani depresi pada lansia karena dapat mengurangi tendensi berpikir negatif pada lansia yang dianggap berkontribusi besar terhadap kemunculan depresi dalam diri mereka (Blazer, 2003). Efek dari Terapi Kognitif-Perilaku pada lansia yang mengalami depresi pun tercatat dapat bertahan sampai 2 tahun untuk mengurangi kecenderungan depresi pada diri lansia, hingga dinilai cukup efektif untuk jangka panjang (Mackin & Arean,2005).


D. STRATEGI LATIHAN KOGNITIF
1. Menurunkan cemas
2. Tehnik relaksasi
3. Biofeedback, menggunakan alat untuk menurunkan cemas dan memodifikasi respon perilaku.
4. Systematic desenzatization. Dirancang untuk menurunkan perilaku yang berhubungan dengan stimulus spesifik misalnya karena ketinggian atau perjalanan melalui pesawat. Tehnik ini meliputi relaksasi otot dengan membayangkan situasi yang menyebabkan cemas.
5. Flooding. Klien segera diekspose pada stimuli yang paling memicu cemas (tidak dilakukan secara berangsur – angsur) dengan menggunakan bayangan/imajinasi
6. Pencegahan respon klien. Klien didukung untuk menghadapi situasi tanpa melakukan respon yang biasanya dilakukan.
E. TERAPI KOGNITIF
a. Latihan kemampuan social meliputi : menanyakan pertanyaan, memberikan salam, berbicara dengan suara jelas, menghindari kiritik diri atau orang lain
b. Aversion therapy : therapy ini menolong menurunkan perilaku yang tidak diinginkan tapi terus dilakukan. Terapi ini memberikan stimulasi yang membuat cemas atau penolakan pada saat tingkah laku maladaptive dilakukan klien.
c. Contingency therapy: Meliputi kontrak formal antara klien dan terapis tentang apa definisi perilaku yang akan dirubah atau konsekuensi terhadap perilaku itu jika dilakukan. Meliputi konsekuensi positif untuk perilaku yang diinginkan dan konsekuensi negative untuk perilaku yang tidak diinginkan.



DAFTAR PUSTAKA
Januarti, Nety.2012.Terapi Kognitif,pdf universitas Padjajaran: brousing rabu,8 mei 2013
 Arjadi,Retha.2012.terapi kognitif-prilaku pada lansia,pdf universitas Indonesia:brousing rabu,8 mei 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar